Tuesday, April 30, 2013

CARA BUDIDAYA JAMUR TIRAM


Sebenarnya jamur tumbuhan yang mudah di  jumapai, misalanya di hutan atu di kebun, dalam bahasa inggris juga jamur di sebut mushroom, jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur kayu, pembudidayaannya mudah dan kenapa bias di sebut jamur tiram,biasa di sebut jamur tiram sebenarnya di lihat dari bentuknya yang lonjong, membulat dan melengkung seperti cangkang tiram. Langakah-langkah pembudidayaan jamur tiram antara lain yang kita pelukan adaalah;
A.      MDIA TUMBUHAN
                Media pertumbuhan jamur tiram sebaiknya di buat menyerupai tumbuhan jamur di alam bebas, yang harus di perhatikan dalam budidaya jamur tiram antara alain;
-          Nutrisi
-          Kadar air
-          Tingkat kesamaan
 


-          nutrisi
Nutrisi media sangat berperan dalam pembudidayaan jamur tiram, bahan baku yang harus di gunakan dapat berupa, kayu yang sudah kering, jerami, serbuk kayu, bias juga dengan alang-alang,selain media yang tadi kita juga membutuhkan campuran seperti bekatul, bekatul ini sebagai sumber karbohidrat lemak dan protein. Kapur, kapur ini sebagi suber mineraldan sebagai bahan untuk mengokohkan media.
-          Kadr air
 menambahkan air bersih Media yang sudah di beri campuran di atas  kita perlu mengatur kadar air  dan pH nya, kadar air di atur hingga 50-65%  degan.
-          Tingkat kesamaan
  Tingkat kesamaan ini sangat penting sekali, apabiala pH nya terlallu rendah maka pertumbuhan jamur akan lambat, kesamaan pH pwrlu di atur antara 6-7 dengan menggunakan kapur.
B.LINGKUNGAN
  Dismping media tumbuhan faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap pertubuhan jamur, faktor lingkungan tersebut antara lain, suhu, kelembaban ruangan, cahaya, dan sirkulasi udara.

No comments:

Post a Comment