Tuesday, May 7, 2013

PENGELOLAAN KEUANGAN DAN AKUTANSI USAHA KECIL


Pola pengelolaan keuangan dan sistem akuutansi yang di terapkan pada usaha kecil dapat berpedoman kepada  pola umum yang telah dikenal dan digunakan oleh berbagai prusahaan-perusahan besar, namun jika kurang sesuai, dapat memodifikasi sesuai dengan keperluan dengan tetap memperhatikan fungsi perncanaan dan pengawasannya. Administrasi pembukuan usaha kecil memrlukan minimal  tiga jenis buku pencatatan antara lain :
1.    Buku harian
2.    Buku jurnal
3.    Buku besar
Program pencatatan dengan sofwer komputer yang langsung melaksanakan posting telah tersedia secara luas, misalnya : General Ledger, DAC-Easy, ataupun SyBiz, wira usaha yangmerasa tidak perlu menggunakan komputer dapat menggunakan contoh-contoh yang dibahas berikut ini. Lajur-lajur  yang disediakan dapat ditambah atau dimodifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan dalam usaha kecil yang bersangkutan.
a.       Pencatatan Transaksi Harian
 Untuk penggunan praktis, pencatatan transaksi harian yang meliputi  kas, utang      maupun piutang dapat menggunakan formulir.
b.      Buku Harian
 Buku harian mencatatat semua transaksi dan kegiyatan transaksi dan kegiyatan yang terjadi selama priode toprasi. Pencatatan dilakuakn menurut waktu kejadiannya.
c.       Buku Jurnal
Buku jurnal mencatatat setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan sehari-hari sehubungan dengan kegiyatan yang dilakukan usaha kecil.
d.      Buku Besar
Buku besar terdiri dari beberapa buku untuk mencatatat secara terperinci masing-masing pos biaya dan pendapatan atau utang maupun piutang/tagihan. Buku besar merupakan ikhtisar pengeluaran.
Demikianlah ulasan-ulasan tentang  pengelolaan keuangan dan akutansi usaha kecil, dalam hal bidang usaha apapun klita harus memperhatikan poin-poin penting dan memprogram setiap langkah yang akan kita kelola baik dalam segi kuangan,  poin diatas  sangat mempengaruhi berkembang dan tidaknya usaha yang kita kelola.

No comments:

Post a Comment